fbpx ...

Apa Itu SEO dan Perannya Dalam Mengoptimalkan Pengembangan Website

Apa itu SEO

DigiFix – Apa itu SEO? Kamu mungkin selalu menanyakan hal tersebut ketika baru mengenal website. Memang banyak orang mengira bahwa SEO dimanfaatkan untuk mendapatkan ranking teratas di Google, padahal hal tersebut hanyalah kenyataan luarnya saja. Jika ingin mengenal lebih jauh, Search Engine Optimization memiliki lebih banyak fakta sebagai berikut.

Apa Itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti upaya untuk mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas melalui pencarian Google. Dengan menggunakan SEO, orang-orang akan lebih mudah untuk menemukan website kamu, lho.

Kalau website sudah lebih mudah untuk ditemukan, lalu apa langkah selanjutnya? Potensinya ada untuk menyedot lebih banyak traffic untuk kamu. Dari sekian banyak mesin pencari layaknya Yahoo, Amazon, dan Bing, kamu memang harus mengutamakan SEO Google.

Mengapa harus Google? Itulah Search Engine favoritnya pengguna internet. Buktinya sudah ada 3,5 miliar pencarian yang dilakukan lewat Google dan 90% menjadi persentase bahwa Google mampu menguasai pangsa pasar mesin pencari alias Statista.

Karena itulah, SEO sangat menentukan keberhasilan website kamu dan dengan menggunakan SEO yang terbilang oke, website bisa lebih banyak menjaring potensi traffic.

Faktanya, sebanyak 53% traffic website berasal dari pencarian organik alias SEO itu sendiri. Nah, pencarian organik akan terjadi ketika kamu mencari informasi dengan memasukkan suatu keyword tertentu.

Tidak hanya sampai di traffic saja karena jangkauan audiens akan menjadi lebih tepat alias sesuai dengan tujuan. Misalnya saja dalam meningkatkan branding, mendapatkan sumber informasi, hingga bertransaksi.

Bedanya SEO dan SEM

Perbedaannya tidak sulit untuk kamu pahami, kok karena justru sangat penting supaya penggunaan sudah tepat sesuai dengan kebutuhan. SEO Google lebih fokus untuk meningkatkan performa website, sedangkan SEM lebih tertuju pada hasilnya atau bisa dibilang traffic secara instan.

Perbedaan yang paling menguntungkan adalah pada biaya, di mana SEO dapat dipakai secara gratis, sementara SEM berbayar. Tampilan di mesin pencarian pun akan berbeda, seperti ada embel-embel iklan atau ed pada SEM, sementara SEO tidak.

Performa SEO dapat kamu gunakan untuk jangka panjang dan sebaliknya, SEM hanya bisa dipakai dalam jangka pendek saja. Setelah durasi iklan habis, sistemnya akan berjalan kembali seperti semula. Kamu tidak bisa mengira bahwa SEO akan kurang efektif untuk digunakan sebab 70-80% lebih mengabaikan pencarian secara berbayar.

Manfaat SEO bagi Bisnis dan Website

Lantas, kenapa, sih SEO wajib atau tetap harus diterapkan saat membuat sebuah website? Padahal, kamu juga biasa untuk mempromosikannya melalui situs atau channel marketing lainnya, seperti melali bio Instagram pribadi, bahkan memanfaatkan fitur swipe up.

Nah, kamu perlu tahu kalau sebagian besar website bisnis terutama dalam hal traffic datangnya dari mesin pencarian. Tidak memandang apa itu bidang industrinya, mulai dari bidang industri, teknologi, fashion, sampai kesehatan. Jumlah traffic yang sudah banyak disebutkan sejak tadi, tentunya sangat berpengaruh bagi keberhasilan website, hingga beberapa manfaat berikut.

1. Memudahkan Audiens untuk Menemukan Website

SEO menjadi strategi yang paling jitu untuk audiens dalam menemukan website kamu. Alasannya, Search Engine Optimization dapat memungkinkan website nangkring di halaman pertama Google, apalagi banyak orang yang malas untuk melakukan scroll supaya bisa menemukan halaman kedua dan selanjutnya.

2. Menemukan Target yang Tepat

Kamu bisa lebih mudah membidik kata kunci sesuai dengan Search Intent atau tujuan audiens dalam menelusuri sebuah keyword. Ditambah lagi, algoritma Google akan sangat mendukung audiens dalam menemukan sesuatu yang tergolong unik.

3. Membangun Brand Awareness

Kalau orang merasa penasaran terhadap sesuatu atau menginginkan barang tertentu, pastinya mereka akan pergi mencari melalui Google. Itu artinya, Google menjadi tempat yang tepat dan strategis dalam mengenalkan suatu produk, serta membangun brand awareness.

4. Investasi Dalam Jangka Panjang

SEO Google mampu memperpanjang kesempatan bisnis, apalagi hasil pencarian akan sangat mempengaruhi keputusan pembeli. Dalam membangun traffic secara alami, posisi Google sangatlah kuat dan dijamin bisa bertahan lebih lama lagi.

5. Meningkatkan Konversi Maupun Penjualan

Sudah banyak penjual yang berpendapat bahwa SEO menjadi jalan keluar yang lebih efektif dalam mendapatkan lebih banyak pelanggan. Alasannya karena SEO mampu menjangkau audiens lebih luas lagi dan tentunya berbeda dengan trik marketing lainnya.

Cara Kerja SEO

Setelah mendapatkan jawaban atas pertanyaan apa itu SEO, kamu bisa memahami cara kerjanya secara lebih mendalam. Berikut adalah beberapa pilihan yang bisa digunakan.

  1. Crawling. Proses mengumpulkan dan menyimpan website yang baru-baru ini dirilis atau bisa dibilang baru saja di-update.
  2. Indexing menjadi suatu proses saat Google mempelajari cara kerja website, mulai dari struktur, kualitas, dan relevansi audiens dalam mendapatkan konten. Kredibilitas setiap halaman website akan sangat dibutuhkan untuk tersimpan dalam database.
  3. Pulling result alias ranking yang berkaitan dengan Google untuk menyusun daftar halaman terbaik dalam mengisi urutan ranking tertinggi pada hasil pencarian (SERP).

Kesimpulan

Begitulah cara kerja SEO dalam menyortir halaman website untuk ditampilkan kepada pengguna melalui internet. Jangan lupa untuk menerapkan strategi konten marketing, yakni mendistribusikan konten yang tepat sasaran dan relevan. Apa itu SEO? Kini, kamu sudah tidak penasaran lagi dan bisa segera mengerjakannya, bukan?